KIAT SEHAT & AWET MUDA sesuai GOLONGAN DARAH

KIAT SEHAT & AWET MUDA sesuai GOLONGAN DARAH             Banyak cara untuk tetap sehat dan bisa tampil lebih muda.Salah satunya dengan mengikuti cara diet golongan darah (blood type diet), yang dirancang Dr Peter J. Dadamo.Tentu saja, muda tidak berarti hanya wajah tampak lebih segar, tetapi juga kesehatan yang terjaga, misalnya tidak menderita stroke, tidak mengidap penyakit jantung, tidak mengalami keropos tulang.Nah, ayolah meningkatkan kesehatan dan meremajakan sel-sel tubuh dengan cara menyantap makanan yang paling sesuai dengan golongan darah kita masing-masing.              Agar bisa tetap sehat dan tampil lebih muda, pahami karakter dasar kesehatan anda. Kesehatan anda mudah terganggu akibat ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh dan timbunan racun radikal bebas.Penyakit yang paling mungkin bila andakurang memperhatikan makanan adalah stroke, penyakit jantung, dan kanker.            Untuk mencegah penumpukan radikal bebas, terapkan pola makan alami dan serba nabati (vegetarian).Batasi ikan dan daging unggas, hindari daging ternak seperti daging sapi dan daging ayam ras.Sistem pencernaan anda kurang mampu memproduksi fosfatase alkalin dan asam hidroklorat, yang membuat tubuh anda sulit mencerna makanan hewani, khususnya daging.Bila pengaturan pola makan tidak baik, anda rawan menderita keropos tulang(osteoporosis).            Utamakan beras merah, polongan (contohnya kacang merah, kacang hijau, kedelai), sayuran segar,dan aneka buah-buahan.Sayuran hijau seperti aneka sayuran daun (misalnya sawi, bayam, kangkung, brokoli dan polong-polongan (diantaranya kecipir, kacang panjang, buncis)banyak mengandung kalsium nabati, yang justru dapat diserap tubuh dengan efisien.Makanlah lebih banyak hasil olahan tradisional kedelai, seperti tempe, tahu,taoco.            Bila tidak makan sesuai panduan tersebut, tubuh anda akan memproduksi lebih banyak hormon stres, yakni kortisol.Peningkatan kortison beresiko meningkatkan tekanan darah dan serangan jantung,serta mempercepat proses penuaan dan kemunduran daya ingat.12 makanan paling dianjurkan :1. kenari,almon,walnut,dan jenis lain kacang-kacangan2. ikan berlemak,seperti salmon,patin,gindara,gabus,lele

3. stroberi,murbei

4. flax oil

5. bawang bombay

6. sayuran hijau,contohnya bayam,kangkung,brokoli,daun papaya

7. produk olahan tradisional kedelai, diantaranya tempe,tahu,taoco

8. minyak zaitun

9.jahe

10.bawang putih

11.kunyit

12.teh hijau

 

Ancaman penuaan yang paling membayangi anda merupakan gabungan resiko penyakit pemilik golongan darah A dan B.Seperti halnya pemilik golongan darah A, tubuh anda rentan pada gangguan penyempitan/penyumbatan pembuluh darah, berikut akibatnya, yakni stroke, serangan jantung, dan kematian mendadak akibat keduanya.Rendahnya kemampuan tubuh anda menghasilkan fosfatase alkalin memicu tingginya ancaman keropos tulang (bahkan paling tinggi di antara semua jenis golongan darh).

            Untuk memperlambat proses penuaan,gabungkan pola makan terbaik untuk golongan darah A dan B.Perbanyak konsumsi sayuran dan beragam buah-buahan segar, imbangi dengan beras merah, kedelai dan hasil olahan tradisional kedelai (seperti tempe,tahu),ikan,serta sedikit daging dan hasil olahan susu, kecuali fermentasi susu (yogurt, kefir).

12 makanan paling dianjurkan1.Kedelai dan produk olahan tradisional,diantaranya tahu,tempe,susu,kedelai,taoco2.Ikan berlemak,misalnya salmon,gindara,patin,gabus,lele

3.Susu fermentasi,contohnya yoghurt tawar(plain yoghurt),kefir

4.Minyak zaitun

5.Sayuran hijau,antara lain bayam, kangkung,sawi,daun singkong

6.Jamur,khususnya jamur merang

7.Brokoli

8.Stroberi,murbai

9.Semangka,melon

10.Bawang putih

11.Kunyit

12.Teh hijau

  

            Anda beruntung, seperti pemilik darah O, system pencernaan anda mampu memproduksi fosfatase alkalin pencerna protein hewani secara berlimpah.Namun setelah usia pertengahan(35-40),produksi fosfatase mulai menurun.Bila tidak berhati-hati dengan pola makan anda, proses penuaan bisa berlangsung cepat,resiko diabetes meningkat,akibatnya merosotnya produksi insulin.Karena sel berumur lebih pendek akibat rendahnya proses oksigenasi dan distribusi nutrisi.Diikuti risiko lain, seperti rentan menderita infeksi saluran kencing dan penyakit akibat virus.

            Tubuh anda akan lambat mengalami proses penuaan bila kombinasi makanan anda seimbang antara daging, ikan,susu,(terutama susu fermentasi),buah-buahan segar,dan beragam sayuran.Anda dianjurkan tidak makan banyak nasi,jangung,dan makanan pokok lain sumber karbohidrat, serta polong-polongan kering (contohnya kacang merah,kacang hijau,kacang tolo,kacang kedelai,lentil).Hindari ayam serta tepung terigu dan segala macam produk dari terigu(antara lain cake,biscuit,kue kering).Tubuh anda umumnya kurang toleran dengan produk olahan kedelai seperti susu kedelai,tempe, dan tahu.12 makanan paling dianjurkan  1.daging ternak pemakan rumput (terutama kambing,domba)tanpa lemak,yang dipelihara secara organik2.ikan berlemak,antara lain salmon,gindara,patin,gabus,lele3.susu fermentasi,seperti yogurt tawar(plain yogurt),kefir4.minyak zaitun5.kenari,almon,walnut dan jenis kacang-kacangan6.jamur,terutama jamur merang,jamur tiram7.bit8.sayuran hijau,contohnya kangkung,sawi,bayam,daun singkong9.stroberi,murbei10.semangka,melon11.teh ginseng12.teh hijau             Banyak pemilik golongan darah O yang bersorak riang karena boleh makan steak dan segala macam hidangan daging secara bebas.Presepsi ini salah besar!,Dr Peter J.D’Adamo tidak mengatakan demikian.Memang benar secar alami pemilik golongan darah O dikaruniai sistem pencernaan yang mampu menghasilkan pencerna protein hewani,yakni fosfatse alkalin dan asam hidroklorat, secara melimpah.Dengan demikian, kemampuan tubuhnya mencerna makanan hewani pun lebih baik.                 Tetapi Dr Peter J. D’adamo juga mengingatkan agar asupan makanan hewani yang banyak itu dipilih yang tanpa lemak dan disantap dengan beras merah atau makanan pokok lainnnya yang sehat. Makanan hasil olahan tepung terigu,seperti mie, pasta, roti, cake,kue kering, biskuit, sebaiknya dihindari. Sebaliknya, konsumsi sayuran dan buah-buahan segar justru wajib sebanyak-banyaknya semampu anda.!            Bila anda hanya terbius dengan makan banyak daging, karena tubuh anda mampu mencernanya dengan baik, bersiaplah untuk menerima beragam penyakit. Tidak melakukan anjuran diet golongan darah secara benar,mempermudah anda terkena stroke, penyakit jantung, diabetes,dan kanker. Gangguan kesehatan yang banyak diderita pemilik golongan darah O yang mengabaikan pola makan sehat adalah penyakit akibat peradangan, sindrom metabolik, gangguan kesehatan akibat terhambatnya kerja kelenjar tiroid.            Jadi, kalau anda hendak makan steak dalam porsi besar, boleh-boleh saja.Tetapi anda wajib membatasi kentang goreng atau pure goreng. Ingat, hindari pasta sebagai pelengkap steak! Minta juru masak atau pramusaji memberi anda banyak salad sayuran. Bagaimanapun kebebasan anda menyantap daging tidak serta merta tanpa tebusan. Untuk setiap suap daging, anda harus menyertakan sayuran sebanyak-banyaknya. 12 makanan paling dianjurkan1.daging ternak pemakan rumput (terutama kambing,domba)tanpa lemak,yang dipelihara secara organik2.ikan berlemak,antara lain salmon,gindara

3. flax oil

4.minyak zaitun

5.kenari, almon,walnut, dan jenis lain kacang-kacangan

6.rumput laut

7.sayuran hijua,contohnya bayam,kangkung,daun singkong

8.stroberi, murbei

9.buah kering, misalnya kismis, sultana,apricot,plum,kurma

10. bawang putih

11.kunyit

12.teh hijau

                                                                                                                                                                                                                                                                        (nirmala,desember 2006) 

3 Tanggapan to “KIAT SEHAT & AWET MUDA sesuai GOLONGAN DARAH”

  1. maaf tolong kiatnya diperbanyk ya terima kasih, n selalu ngasih hidup sehat yang bermanfaat

  2. thx sarannya,insy4W1, aku bakalan tambah kiat2 lain to an semua,

  3. oyaa, sorry tulisanna lum Q benerin, y kalo kya pindah rumah, ni belum diberes2in he,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: